Wednesday, March 17, 2010

The Mind and the Stormy Ocean


The Mind and the Stormy Ocean

Swamiananda and his disciple Ranga were strolling on the beach by the ocean. It was a cold day and the wind was blowing strongly over the ocean, raising very high waves.

After walking for some time, Swamiananda stopped, looked at his disciple and asked: "What does the choppy ocean remind you?"

"It reminds me of my mind. Of my rushing and restless thoughts," answered Ranga.

"Yes, the stormy ocean is like the mind, and the waves are the thoughts. The mind is neutral like the water. It is neither good, nor bad. The wind is causing the waves, as desires and fears produce thoughts," said Swamiananda.

"I wouldn't want to be on a boat, in the middle of the ocean, in a storm like this," said Ranga.

"You are there all the time," responded Swamiananda and continued, "Most people are on a rudderless boat in the middle of a choppy ocean, even if they do not realize it. The mind of most people is very restless. Thoughts of all kinds come and go incessantly, agitating the mind like the ocean's waves."

"Yes," Ranga interrupted him, "You don't have to tell me. This is the reason I am with you. I want to calm down the waves of my mind."

Swamiananda looked at Ranga for a while, smiled and said: "You don't calm the ocean by holding the water and not letting it move. What is necessary is to stop the wind. The wind is made of your thoughts, desires and fears. Don't let them rule your life. Learn to control them by controlling your attention, and then the ocean of your mind becomes calm."

"And how do I do that?"

"Suppose it is possible for the ocean to disregard the wind, what would happen then?" asked Swamiananda.

"The waves would cease. But no one can stop the wind."

Swamiananda looked at him with a mysterious smile and said: "Why not? The wind, the ocean, and thoughts are all within the mind. When you can control the mind, you can control everything within it. But first you have to control your mind, which means you have to control your attention."

--- By Remez Sasson --- Submitted by Kiran Shinde --- India

139 comments:

  1. Pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukian sesuatu dengan baik dan mengendalikan apa yang kita inginkan.
    Ibarat air di suatu wadah yang datar akan terlihat tenang.

    A quiet mind is the key to doing things well and to control what we want.
    Like water in a flat container that will look cool.

    NAMA : ANDI MUHAMMAD ZUBAIR
    KLS : X-1
    NO.URUT : 04

    ReplyDelete
  2. pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukan sesuatu yang baik karena kalau pikiran tidak tenang akan menjadi kacau bahkan ada suatu kelupaan

    a quitw mind is the key to doing things because if the mind does not calm wiil turn into chaos and even fotget it


    nama dimas aditya w
    kelas x-1
    no urut 09

    ReplyDelete
  3. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang .. tetapi jika hati dan pikiran kita kacau , pekerjaan yang kita lakukan juga berantakan


    if we want to do any work well, then our minds and hearts need to calm down .. but if the hearts and minds chaotic, the work we do, too messy


    name : aqisyiah rifdaeni amalia
    class : 10.2

    ReplyDelete
  4. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..

    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..


    Nama : Nurul Azizah
    Kelas : X-2
    Nis : 11815

    ReplyDelete
  5. Cerita yang bagus.
    Dari cerita diatas saya dapat mengetahui bahwa jika kita ingin melakukan sesuatu dengan baik, maka kita harus tenang agar dapat mengendalikan pikiran kita. Jika kita tidak semua yang kita lakukan akan jelek.

    A good story.
    From the story above I can see that if we want to do something well, then we must be calm in order to control our minds. If we are not all that we do will be bad.

    Nama : Regina Safira Natalie
    Kelas :X-2

    ReplyDelete
  6. Bila kita ingin melakukan sesuatu,pikiran kita harus tenang agar apa yang kita lakukan dapat berjalan seperti apa yang kita inginkan. Seperti halnya bila kita melakukan sesuatu pekerjaan ataupun kegiatan,apabila pikiran kita tidak tenang maka segala sesuatu yang kita lakukan akan berantakan atau tidak seperti yang kita inginkan tetapi apabila kita melakukan semuanya itu dengan pikiran yang tenang maka kita dapat mengontrol emosi dan diri kita sehingga apa yang kita lakukan itu akan menjadi sempurna dan seperti yang kita inginkan.



    If we want to do something, we must calm the mind so that what we do can be run as what we want. Just like when we do any work or activity, if not quiet our minds so everything we do will be wrong or not as we want, but if we do it all with a calm mind, we can control our emotions and ourselves that what do we do it will be perfect and that we would want.


    NAME : REVA CHRISTIAN
    CLASS : X.3
    NIS : 11842

    ReplyDelete
  7. cerita diatas sngat menarik karena dapat mengarjarkan kita tentang cara berpikir yang tenang,
    keika kita ingin menyelesaikan suatu masalah kita harus tena g jangan terbawa emosi, dengan tenagnya pikiran kita maka kita dapat menyelesai kan suatu masalah.

    above story is very interesting because it can teach us about the calm way of thinking,
    keika we want to solve a problem we must tena g do not carry the emotions, with tenagnya our minds, we can not solve a problem.



    nama AAN ABRIADI
    kelas X_5

    ReplyDelete
  8. a quitw mind is the key to doing things because if the mind does not calm wiil turn into chaos and even fotget it, and to control what we want.
    Like water in a flat container that will look cool.if not quiet our minds so everything we do will be wrong or not as we want, but if we do it all with a calm mind, we can control our emotions and ourselves that what do we do it will be perfect and that we would want.




    name :fadel islami rakhmat
    class:x.5

    ReplyDelete
  9. kita harus berusaha agar dapat mengendalikan pikiran kita , karena semua yang kita lakukan berasal dari pikiran dan apabila kita ingin melakukan suatu hal yang sulit kita dapat melakukannya dimulai dari pikiran bahwa saya bisa melakukannya.

    we must strive to control our minds, because all we do comes from the mind and if we want to do a difficult thing we can do it starting from the thought that I could do it.

    Nama : Annisa
    Kelas : X-5
    Nim : 11880

    ReplyDelete
  10. Cerita di atas sangat bagus karena mengajarkan kepada kita bahwa jika kita ingin melakukan sesuatu harus dengan pikiran yang tenang agar hasil yang kita dapatkan sangat baik tapi jika pikiran kita kacau atau tidak tenang maka hasil yang akan kita dapatkan kurang baik.

    The above story is very good because it teaches us that if we want to do something to calm the mind so that we get results very good, but if our minds calm chaotic or not the results we get less good.

    Name : Aditya Putri Paddyland
    Class : X-3

    ReplyDelete
  11. anonymous said :
    cerita di atas mengajarkan kita agar kita tetap tenang dalam menghadapi situasi yang buruk , karena dengan berfikir dengan tenang insya allah kita akan dapat keluar dari masalah buruk tersebut .

    the story teaches us that we should remain calm in the face of a bad situation, because by thinking calmly god willing, we will be able to get out of bad trouble


    NAMA ; YUNI MUWARNI
    KELAS ; X-3
    NISS ; 11849

    ReplyDelete
  12. ketika kita melakukan sesuatu janganlah terburuh - buruh karena kalau kita terburuh - buruh pastinya kita lupa apa yang kita mau kerjakan. maka dari itulah kita melakukan sesuatu harus tenang supanya tidak ada yang di lupakan...
    cerita di atas juga bagus karena buat kita bisa mengerti apa yang kita lakukan secara tidak tenang maka akan mengakibatkan semua kegiatan akan sia -sia

    when we do something not terburuh - because if we terburuh workers - workers must we forget what we want to do. then from that we do things should calm supanya no one in the forgotten ...
    above story is also good because why we can understand what we are doing is not cool so will result in all activities will be futile

    NAME: A.DARMAWANG SYAH
    CLASS : X.8
    NIS : 11970

    ReplyDelete
  13. Wind, sea, and waves all in the mind. If you can control your mind, you can control everything in it. But first we must control the mind, which means we have to control attention. Something that is based on good thoughts will give us good results, will not result in a futile act of existence.


    Angin, laut, dan gelombang semua dalam pikiran. Bila Anda dapat mengendalikan pikiran, Anda bisa mengendalikan segala sesuatu di dalamnya. Tapi pertama-tama kita harus mengendalikan pikiran, yang berarti kita harus mengendalikan perhatian. Sesuatu yang didasari pikiran yang baik akan memberikan kita hasil yang baik, tidak akan menghasilkan perbuatan yang sia-sia adanya.


    Name : Devi Gosal
    Class : X-6
    Nis : 11917

    ReplyDelete
  14. NAMA : FITRIANI NURSUSANTI
    KELAS :X2

    Menurut saya, inti dari cerita ini adalah ketenangan. Apabila seseorang dapat menenangkan pikirannya seseorang itu akan melakukannya dengan hati-hati dan tepat. Tetapi, apabila seseorang berpikir dengan ketakutan atau ragu seseorang itu akan melakukannya ceroboh. Karena itu kita perlu berpikir tenang.

    I think, core of this story is calmness. If someone can calmness mind that someone will doing with wonderfull and appropriate. But, if someone think with affraid and doubt that someone will doing careless. tht because we need a calmness mind.

    ReplyDelete
  15. saya sangat senang dengan cerita di atas, karena menceritakan tentang bagaimana seseorang yang ingin melakukan sesuatu harus didasari dengan pikiran tenang dan tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu yang bersifat positif.

    because of the thoughts that calm and not rush in doing anything we can do something with either a positive thing because it constituted with tranquility.

    name : rijal ismail
    class: x-3
    niss : 11488

    ReplyDelete
  16. Cerita yang sangat bagus....
    Dari cerita ini saya dapat mengetahui bahwa hati dan pikiran yang tenag akan membuat segala sesuatu yang kita kerjakan atau lakukan akan berjalan dengan lancar.
    Sebaliknya, jika hati dan pikiran kita tidat tenang maka semua yang kita lakukan akan sia-sia belaka.

    Belajarlah untuk selalu mempunyai pengendalian diri agar segala yang kita inginkan sesuai dengan yang kita harapkan dan rencanakan...


    A very good story ....
    From this story I can tell tenag hearts and minds will make everything we do or do will go smoothly.
    Conversely, if our hearts and minds tidat calm then everything we do will be futile.

    Learn to always have self-control so that everything we want in accordance with what we expect and plan ...


    Name : IIS NAHNIDYA
    Class : X-8

    ReplyDelete
  17. Cerita yang menarik...

    saya dapat menyimpulkan bahwa segala sesuatu itu terjadi berasal dari pikiran kita, seperti yang dikatakannya perumpamaan "Angin terbuat dari pikiran anda, hasrat dan ketakutan jangan biarkan mengatur hidup anda".

    Jadi,, ciptakanlah pikiran yang tenang, damai dan tentram Insya Allah yang diinginkan baik pula.

    Kendalikan pikiran kita kepada hal-hal yang baik.

    pikiran menyebabkan gelombang-gelombang sebagai keinginan dan ketakutan yang bisa mengatur hidup kita.

    Jika kita dapat mengendalikan pikiran kita, maka kita juga dapat mengendalikan segala sesuatu di dalamnya.

    Pikirkan juga kehidupan akhirat kita yaaaaa...



    Interesting story ...

    I can conclude that everything that happens comes from our thoughts, as he told the parable "The wind made of your thoughts, desires and fears do not let it manage your life."

    So, create your mind calm, peaceful and tranquil Insha Allah wants well too.

    Take control of our minds to things that are good.

    mind causing waves as desire and fear that can control our lives.

    If we can control our minds, then we can control everything in it.

    Think also Hereafter we yaaaaa ...



    NAME : ST ANNISA ADINDA SOFYAN
    CLASS : X8
    NISS : 11992

    ReplyDelete
  18. Menurut saya cerita ini sangat bagus. Dari cerita ini kita dapat menyimpulkan jika kita selalu berfikir tenang dan positif pasti semua yang kita kerjakan akan terlaksana dengan baik dan normal tetapi jika sebaliknya kita selalu berfikir negatif dan tidak tenang maka semua pekerjaan yang kita lakukan akan gagal dan mempunyai akhir yang tidak memuaskan.


    Dari cerita ini kita dapat belajar agar selalu berfikir dengan baik dan dapat mengendalikan diri kita sendiri.


    I think this story is very good. From this story we can conclude if we are always calm and positive thinking all we do must be done well and normal but otherwise we are always thinking negative and did not calm then all the work we do will fail and have an unsatisfactory end.


    From this story we can learn to always think well and can control ourselves.


    Nama : Andi Irtiagina Rivai
    Kelas : x.8

    ReplyDelete
  19. menurut saya cerita nya sangat bagus karena mengajarkan kita untuk berfikir positif tetapi hati kita juga harus tenang karena jika kita berfikiran positif maka apa yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan lancar tetapi apabila kita selalu berfikiran negatif maka semua yang ingin kita lakukan tidak bisa terwujud karena kita sudah berfikiran negatif sebelum melakukan sesuatu.
    jadi ketika ingin melakukan sesuatu kita harus berfikir positif dengan hati yang tenang
    lalu kita berdoa semoga apa yang kita lakukan tidak salah dan tidak merugikan orang lain. sehingga kita dapat dipercaya orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan karena apa yang kita lakukan dapat diterima dengan baik oleh orang lain dengan nilai yang memuaskan sebab jika kita bisa menyenangkan hati orang lain pasti ada rasa bangga dalam diri kita
    jadi jangan takut melakukan sesuatu sebelum kita mencoba.


    I think its a very good story because it teaches us to think positive but our hearts must also be calm because if we are positive berfikiran then what will we do can be run smoothly but if we always negative berfikiran then all we want to do can not be materialized because of our had a negative berfikiran before doing anything.
    so when want to do something we have to think positive with a calm heart
    then we pray that what we are doing nothing wrong and do not harm others. so that we can trust others to do a job because of what we do can be well received by others with satisfactory results because if we can please the other person must have a sense of pride in ourselves
    so do not be afraid to do something before we try.


    Nama : Rayhanah ARIFIN
    Kelas: X.8

    ReplyDelete
  20. cerita ini bagus karena,cerita ini menyadarkan kita apa bila kita ingin melakukan sesuatu harus dengan hati yang tenang dan jangan terlalu berburu-buru melakukan sesuatu


    This story is good because, we realize what this story if we want to do something with a heart should be quiet and do not hunt your time doing something


    NAMA:MOCH.FIRMANSYAH.PUTRA
    KELAS:X-1
    NIS:11778

    ReplyDelete
  21. cerita ini sangat bagus, karena cerita ini mengajarkan kita untuk berfikir positif. apabila kita ingin melakukan sesuatu kita harus dengan hati yang tenang, maka yang kita lakukan pasti akan berjalan dengan lancar. Tetapi apabila kita selalu berfikiran negatif maka semua yang ingin kita lakukan tidak bisa terwujud karena kita sudah berfikiran negatif sebelum melakukan sesuatu.

    This story is very good, because this story teaches us to think positive. if we want to do something we should be with a calm heart, then we do would be to run smoothly. But if we always negative berfikiran then all we want to do could not materialize because we have a negative berfikiran before doing anything.


    NAME : DANANG JAYA W.
    CLASS: X-3

    ReplyDelete
  22. Cerita ini mengajarkan kita bagaimana kita bisa tangguh menghadapi apapun dan selalu membuat suatu perbuatan yang positif bagi diri kita sendiri,

    cerita ini juga mengajarkan kesabaran yang sangat susah untuk diteladani,,,
    And... "Patience is a key to success,"

    Nama : Septiani Rusdiyanti
    Kelas : X.7

    ReplyDelete
  23. Jika kita ingin mengerjakan sesuatu kita harus memulai dengan berfikir secara baik dan tenang karena jika tidak semua pekerjaan kita mungkin tidak dapat tercapai.


    If we want to do something we should start by thinking in good and quiet because otherwise all our work may not be achieved.


    Name : Febi Ramadhani
    Class : X-2

    ReplyDelete
  24. anonymous said..

    cerita ini sangat saya sukai.
    karena mengajarkan kita untuk berfikir dengan tenang agar bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik..



    this story is my passion..
    because it teaches us to think calmly in order to do thing better..




    name : putri kurniati
    class: x.7

    ReplyDelete
  25. ceria ini mengajarkan kita untuk selalu meneliti sesuatu sebelum melakukan perbuatan dan mengajarkan kita untuk selalu menyelesaian masalah dengan kepala dingin



    This cheerful teaches us to always research something before doing the deed and teaches us to always solving problems with a cool head

    nama : indah lasmita amir
    kelas : X 8

    ReplyDelete
  26. Pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukian sesuatu dengan baik dan mengendalikan apa yang kita inginkan. jika fikiran kita kacau maka semuanya akan berantakan.. jadi dika kita ingin fikiran kita tenang maka sebaiknya kita menenangkan hati kita terlebih dahulu..

    A quiet mind is the key to melakukian something well and to control what we want. if we chaotic mind then everything will fall apart .. dika so we wanted to calm our minds then we should first soothe our hearts ..

    name : ibnu affan
    class : x.6

    ReplyDelete
  27. bila kita ingin melakukan sesuatu dengan hasil yang baik sebelumnya pikiran kita harus tenang. karena kalau pikiran kita tidak tenang pasti sesuatu yang kita ingin lakukan tersebut tidak berhasil atau tidak seperti yang kita inginkan.

    translate:
    if we want to do something with good results before we had to calm the mind. because if we do not calm the mind must be something we want to do is not successful or not as we wish.

    Nama : Nurmaisa Fitri
    Kelas : X.3
    NIS :11838

    ReplyDelete
  28. kerjakanlah sesuatu yang di awali dengan sebuah pikn dari.karena dari pikiran kita dapat mengendalikan semuanya.janganlah berbuat sebelum berpikir.karena kalau tidak semuanya akan berantakan.

    but do something in the start with a pikn dari.karena from our mind can control everything. Do not act before thinking. because if not everything will fall apart.

    hadyan nadhir
    x-6

    ReplyDelete
  29. cerita yang menarik....

    bahwa sesuatu yang baik berasal dari pikiran kita,belajarlah untuk berfikiran positif maka sesuatu yang akan kita dapatkan pasti akan baik juga.

    usahakan kendalikan pikiran kita sebelum berbuat sesuatu.
    apa bila kita tidak mengendalikan pikiran kita pekerjaan kita akan berantakan dan tidak seperti yang kita inginkan.

    interesting story ....that something good comes from our minds, learn to berfikiran positive then we will get something that would be better as well.try to control our thoughts before doing anything.What if we do not control our thoughts and our work will not fall apart as we wish.

    name :ALDY NOVTYANTO
    class :X.8
    nis :11969

    ReplyDelete
  30. Cerita di atas mengajarkan kita bahwasanya, jika kita ingin mengerjakan sesuatu, kita harus mempunyai fikiran yang jernih dan tenang karena dengan demikian,hasil yang kita kerjakan akan baik pula.

    The above story teaches us that, if we want to do something, we must have a clear and calm mind, because then, the results we would do well too.

    NAMA : Imran setiawan
    KELAS : X.8
    NIS : 12002

    ReplyDelete
  31. seperti kalimat yang ada di cerita diatas "bila anda dapat mengendalikan pikiran , anda bisa mengendalikan sesuatu yang ada didalamnya . tapi pertama - tama anda harus kendali pikiran anda , yang berarti anda harus mengendalikan perhatian anda ."
    jadi setiap kita melakukan sesuatu kita harus mengendalikan pikiran kita dengan cara kita harus tenang dan rileks dalam melakukan suatu kegiatan , apabila kita tidak dapat mengendalikan pikiran kita , kita tidak dapat melakukannya dengan baik .


    such sentences in the story above "if you can control your mind, you can control something in it. but first - first you have to control your mind, which means you must control your attention."
    so everytime we do something we have to control our minds with the way we should be calm and relaxed in doing an activity, if we can not control our thoughts, we can not do it well.

    nama : nur pramita .b
    kelas : x5
    nis :11900

    ReplyDelete
  32. seperti kalimat yang ada di cerita diatas "bila anda dapat mengendalikan pikiran , anda bisa mengendalikan sesuatu yang ada didalamnya . tapi pertama - tama anda harus kendali pikiran anda , yang berarti anda harus mengendalikan perhatian anda ."
    jadi setiap kita melakukan sesuatu kita harus mengendalikan pikiran kita dengan cara kita harus tenang dan rileks dalam melakukan suatu kegiatan , apabila kita tidak dapat mengendalikan pikiran kita , kita tidak dapat melakukannya dengan baik .


    such sentences in the story above "if you can control your mind, you can control something in it. but first - first you have to control your mind, which means you must control your attention."
    so everytime we do something we have to control our minds with the way we should be calm and relaxed in doing an activity, if we can not control our thoughts, we can not do it well.


    nama : NUR PRAMITA .B
    kelas : x5
    niss : 11900

    ReplyDelete
  33. dalam cerita ini kita dapat mengambil suatu pelajaran yaitu berfikir dalam mengambil suatu keputusan atau tindakan karena dalam mengambilsuatu keputusan atau tindakan alangkah baiknya kalau kta berfikir dengan jernih dan rileks agar suatu tindakan yang kita lakukan berjalan dengan baik dan benar...



    in this story we can take a lesson that is thinking of taking a decision or action because, in taking a decision or action if we think it is wonderful with a clear and relaxed so that an action that we do well and right ...




    NAMA : SHINTA RAMADHANI ENGELEN
    CLASS : X_5
    NIS : 11905

    ReplyDelete
  34. jika kita ingin melakukan sesuatu, sebaiknya kita pikirkan dengan baik dan tenang. Sebab denga pikiran yang tenang apapun yang kita lakukan akan hasilnya menjadi baik.

    if we want to do something, we should think well and calm. Premises because the calm mind in whatever we do will be good results.

    Nama : Marcho
    Kelas: X-1
    Niss : 11777

    ReplyDelete
  35. Ceita ini bagus.
    Apabila kita ingin melakukan sesuatu, kita harus berpikiran tenang agar apa yang ingin kita lakukan dapat berjalan sus berpikiran eperti yang kita inginkan.
    Dan apabila kita berpikit tidak tenang maka segala sesuatu yang kita lakukan akan hancur berantakan, maka dari itu apabila kita ingin menyelesaikan masalah kita harus berpikiran tenang jangan terbawa emosi.
    Karena semua yang kita lakukan berasal dari pikiran.

    This Ceita good.
    If we want to do something, we must think calmly to what we want to do can walk sus eperti think we want.
    And if we berpikit not calm then everything we do will fall apart, and, therefore, if we want to solve our problems do not have to think calmly carried away with emotion.
    Because everything we do comes from the mind.


    Name : DIHTA DESRIANTI.S
    Class : X.8

    ReplyDelete
  36. otak itu dapat di simpulkan sama seperti badai di tengah laut.
    kadang stabil kadang tidak stabil

    conclude that the brain can be just like a storm at sea.
    sometimes stable times unstable

    Name : Heri kiswanto
    Class: 10-8
    Nis : 11980

    ReplyDelete
  37. pikiran yang tenang, perasaan yang tentram akan membuat hasil pekerjaan menjadi sangat baik.
    masalah akan cepat selesai apabila perasaan, hati dan jiwa kita terasa tenang.

    your mind calm, peaceful feeling will make the job very well.
    problems will be quickly finished if the feelings, our heart and soul felt calm.

    name : muh ardiansyah ap
    class : x.8
    nis : 11983

    ReplyDelete
  38. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..

    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..



    NAMA : NURDIAH.Y.
    KELAS : X.8
    NIS : 11986

    ReplyDelete
  39. Bila kita ingin melakukan sesuatu,pikiran kita harus tenang agar apa yang kita lakukan dapat berjalan seperti apa yang kita inginkan. Seperti halnya bila kita melakukan sesuatu pekerjaan ataupun kegiatan,apabila pikiran kita tidak tenang maka segala sesuatu yang kita lakukan akan berantakan atau tidak seperti yang kita inginkan tetapi apabila kita melakukan semuanya itu dengan pikiran yang tenang maka kita dapat mengontrol emosi dan diri kita sehingga apa yang kita lakukan itu akan menjadi sempurna dan seperti yang kita inginkan.



    If we want to do something, we must calm the mind so that what we do can be run as what we want. Just like when we do any work or activity, if not quiet our minds so everything we do will be wrong or not as we want, but if we do it all with a calm mind, we can control our emotions and ourselves that what do we do it will be perfect and that we would want.


    NAMA : NURDIAH.Y.
    KELAS : X.8
    NIS :11986

    ReplyDelete
  40. above story is very interesting because it can teach us about the calm way of thinking, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit.

    nama; eka kristiadi
    kls; X-3
    nis; 11828

    ReplyDelete
  41. Pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukian sesuatu dengan baik dan mengendalikan apa yang kita inginkan.
    Ibarat air di suatu wadah yang datar akan terlihat tenang.

    A quiet mind is the key to doing things well and to control what we want.
    Like water in a flat container that will look cool.

    nama m reezha k
    kelas x.1

    ReplyDelete
  42. Pikiran adalah kunci dari segala sesuatu yang ada dalam permasalahan kehidupan kita


    The mind is the key to everything that exists in our life problems


    Nama: Muh. Adnan Riawan
    Kelas: X-1

    ReplyDelete
  43. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang .. tetapi jika hati dan pikiran kita kacau , pekerjaan yang kita lakukan juga berantakan


    if we want to do any work well, then our minds and hearts need to calm down .. but if the hearts and minds chaotic, the work we do, too messy

    nama : adi surya
    kelas: x-1

    ReplyDelete
  44. Menurut saya, dari cerita diatas saya sangat menyukai cerita ini karena cerita ini dapat mengajarkan kita bahwa bagaimana cara bergaul dengan teman???

    Sesungguhnya kita tidak boleh memilih-milih teman, teman yang baik adalah teman yang dapat mngerti tentang keadaan kita baik dalam keadaan suka dan duka. Janganlah melihat taman dari keadaan fisikdan luarnya saja tetapi lihatlah dari ketulusan hatinya.

    janganlah pernah merendahkan atau menghina orang yang memiliki fisik yang tidak normal(cacat), karena belum tentu fisik yang dimilikinya sama seperti hati yang di milikinya. Setiap kita ingin berteman kita harus melihat dari ketulusan hatinya, karena di mata Allah semua sama, tidak ada yang berbeda dan pada dasarnya semua manusia itu tidak ada yang sempurna pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan


    In my opinion, the above story I really liked this story because this story can teach us that how to get along with your friends?

    Surely we should not be picking out a friend, a good friend is a friend who can they understood about the state we are both in a state of joy and sorrow. Do not see the park from the state but see is Physical and outward from the sincerity of his heart.

    Do not ever condescending or insulting people who have physical abnormalities (defects), because its not necessarily the same as the physical heart of the possessed. Each of us wants to be friends we must see the sincerity of his heart, because in the eyes of God all the same, nothing different and on essentially all men are not perfect there would have advantages and disadvantages

    Nama : Rizky wahyuni
    Kelas : X.5

    ReplyDelete
  45. Cerita ini sangat bagus...
    Jika kita ingin melakukan sesuatu dengan baik, maka pikirkanlah dengan hati yang tenang agar apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita. Jika tidak dipikirkan dengan baik maka semua yang kita lakukan tidak akan terwujud atau tidak sesuai dengan keinginan kita sendiri.

    This story is very good ...
    If we want to do something well, come up with a quiet heart to whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves. If not well thought out then all that we do not come true or not in accordance with our own desires.

    Name : Rizky Wahyuni

    Class : X.5

    ReplyDelete
  46. Dalam melakukan sesuatau kita harus melakukannya dengan pikiran yang tenang dan bersih. Kita juga harus memgendalikan pikiran kita karena tindakan yang benar berasal dari pikiran yang tenang dan bersih.jadi bersih kan pikiran kita sebelum bertindak

    In doing sesuatau we have to do with your mind calm and clean. We must also memgendalikan our minds because the right action comes from the mind calm and clean bersih.jadi our minds before acting

    nama : dewiyanti. naim
    kelas : X5

    ReplyDelete
  47. Jika kita sedang berada di dalam masalah yang menurut kita sangat berat bagi kita, janganlah kita cepat berputus asa dan selalu gelisah terhadap masalah itu. Karena jika kita mampu membuka pikiran kita, dan mampu mengendalikan pikiran kita, pasti kita akan mampu melawan semua masalah dalam pikiran kita dan kita pun dapat berfikir dengan tenang terhadap masalah yang ada.


    If we are in the issues that we think is very hard for us, let us not despair quickly and is always anxious to matter. Because if we can open our minds, and able to control our minds, surely we will be able to fight all the problems in our minds and we are able to think calmly on the problem.


    Nama : elizabeth felicia Adeline
    Kelas : X5

    ReplyDelete
  48. Dalam cerita ini kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran yaitu berfikirlah sebelum mengambil suatu keputusan atau tindakan dan gunakanlah pikiran yang jernih dan rileks setiap mengerjakan sesuatu agar tindakan yang kita lakukan berjalan dengan baik dan benar.

    In this story we can take the wisdom and lessons of Think before taking a decision or action and use a clear mind and relax every act of doing something so that we do work well and correctly.

    Nama: Indira Fauzi
    Kelas: X.3

    ReplyDelete
  49. A quiet mind is the key to doing things well and to control what we want. because it teaches us to think calmly in order to do thing better.. AND I LIKE THIS STORY

    Pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukian sesuatu dengan baik dan mengendalikan apa yang kita inginkan.karena mengajarkan kita untuk berfikir dengan tenang agar bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik.. :d


    CHELY ANGELIN
    10.1 :)

    ReplyDelete
  50. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang .. tetapi jika hati dan pikiran kita kacau , pekerjaan yang kita lakukan juga berantakan


    if we want to do any work well, then our minds and hearts need to calm down .. but if the hearts and minds chaotic, the work we do, too messy

    Name : Sumaryudi Tanur
    Class: X-5

    ReplyDelete
  51. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..

    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..

    Name : Bobby Seeptemmy
    Class: X-5

    ReplyDelete
  52. di sini di ceritakan bahwa bila kita ingin melakukan suatu pekerjaan lakukanlah dengan pikiran tenang.karena dengan pikiran tenang pekerjaan tersebut hasilnya jga bagus,apabila pikiran kacau pekerjaan tersebut juga akan kacau.

    here to tell that if we want to do a job do it with peace of mind with mind tenang.karena results jga good job, if the chaotic thoughts of work will also be chaotic.

    NAMA : MUJIBUL RACHMAN
    KELAS : X-1
    NIS : 11781

    ReplyDelete
  53. cerita ini membuat kita tahu kalau pikiran adalah sesuatu yang dapat mengontrol sikap dan perilaku maupun perbuatan kita . dari pikiran manusia dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan . kalau pikiran kita kotor maka perbuatan yang kita lakukan itu tidak baik. dan pikiran bagaikan mesin yangt mengontrol segala sesuatunya

    This story makes us know that the mind is something that can control the attitude and behavior and our actions. of the human mind can do anything they want. if our minds dirty deeds we do so it is not good. and thinking like a machine that controls everything.

    name : amanah putri
    class : x.1

    ReplyDelete
  54. jika kita ingin melakukan sesuatu kita harus memikirkan baik-baik dan kita harus menenangkan fikiran kita agar semua terlaksana dengan lancar dan sesuai apa yang di inginkan .

    if we want do something we have to good think and we have to calm your self in order that the all good carried out and above what you want !

    NAMA : NUR ANNISA BACHTIAR
    CLASS: X.2
    NIM : 11814

    ReplyDelete
  55. Segala sesuatu yang terjadi berasal dari pikiran kita sendiri. Ciptakanlah pikiran yang tenang dan damai. Agar setiap apa yang kita kerjakan lebih baik dan dapat membuat suasana hati kita jadi tentram.

    Jika kita pintar mengendalikan pikiran kita, kita akan dapat dengan mudah mengatur sesuatu.


    Everything that happens comes from our own minds. Create a calm and peaceful mind. In order for each of what we are doing better and can make our mood so peaceful.

    If we are good at controlling our minds, we will be able to easily arrange something.




    NAME : MENTARI PRATIWI
    CLASS ; X.8

    ReplyDelete
  56. untuk berfikir positif tetapi hati kita juga harus tenang karena jika kita berfikiran positif maka apa yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan lancar tetapi apabila kita selalu berfikiran negatif maka semua yang ingin kita lakukan tidak bisa terwujud karena kita sudah berfikiran negatif sebelum melakukan sesuatu.

    to think positive but our hearts must also be calm because if we are positive berfikiran then what will we do can be run smoothly but if we always negative berfikiran then all we want to do could not materialize because we have negative thoughts before doing anything.

    MUH ARDIANSYAH AP
    X.8
    11983

    ReplyDelete
  57. Jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik ,maka pikiran dan hati kita harus tenang
    If we want to do any work well ,then our minds and hearts need to calm down


    NAMA : VIFKI MEGAWATI
    KELAS : X-5

    ReplyDelete
  58. pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukan sesuatu yang baik karena kalau pikiran tidak tenang akan menjadi kacau bahkan ada suatu kelupaan
    a quitw mind is the key to doing things because ih the mind does not calm will turn into chaos and even fotget it


    NAMA : NUR ALAM .S.
    KELAS : X-5

    ReplyDelete
  59. setelah membaca cerita di atas saya dapat menyimpulkan bahwa kita harus memikirkan sesutau dengan jernih dan positif karena akan berdampak baik untuk apa yang kita lakukan sebaliknya bila kita berfikiran negatif maka hasilnya akan buruk bagi diri sendiri maupun orang lain


    after reading the story above I can conclude that we must think clearly and positively sesutau because it will impact both for what we are doing the opposite if we berfikiran negative then the result will be bad for themselves and others


    nama; wenda.retno.sari
    kelas; X.8

    ReplyDelete
  60. Cerita di atas mengajarkan kita bahwasanya, jika kita ingin mengerjakan sesuatu, kita harus mempunyai fikiran yang jernih
    The above story teaches us that, if we want to do something, we must have a clear





    NAMA :TIARA INDAH SARI
    KELAS :X-5

    ReplyDelete
  61. berfikir dan bersikap tenang dalam manghadapi sesuatu baik itu masalah atau hal yang kita inginkan.sebab dengan berfikir atau bersikap tenang kita dapat menemukan jalan keluar dengan cepat dan baik.


    thinking and take coolly in face something the is good problem or things which we is wish.because with thinking or taking coolly we can find way out swiftly and good.


    NAMA : IRENE S
    KELAS :X-4

    ReplyDelete
  62. Cerita yang bagus.karena mengajarkan kita agar kita tetap tenang dalam menghadapi situasi yang buruk.
    story teaches us that we remain calm in the face of a bad situation.
    nama : arie aprilya
    kls ; X.4

    ReplyDelete
  63. pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukan sesuatu yang baik karena kalau pikiran tidak tenang akan menjadi kacau bahkan ada suatu kelupaan

    a quitw mind is the key to doing things because if the mind does not calm wiil turn into chaos and even fotget it

    nama:reza
    kelas:x-2

    ReplyDelete
  64. otak itu dapat di simpulkan sama seperti badai di tengah laut.
    kadang stabil kadang tidak stabil

    conclude that the brain can be just like a storm at sea.
    sometimes stable times unstable
    NAMA : FITRIANTI
    KLS : X.4

    ReplyDelete
  65. saya suka ceritanya karena mengajarkan kita untuk selalu berfikiran positf dan selalu tenang dalam menyelesaikan suatu masalah karena dengan ketenangan , semua akan selesai dengan baik .


    I liked the story because it teaches us to always berfikiran positf and always calm in solving a problem because with peace, all will finish well.

    nama:dyah pitaloka
    kelas:x.2

    ReplyDelete
  66. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang , ketika kita ingin menyelesaikan suatu masalah kita harus tena g jangan terbawa emosi .

    if we want to make something work properly, then our minds and hearts need to be calm, when we want to solve a problem we must tena g do not carry emotions .

    NAMA : MELISA
    KELAS : X2

    ReplyDelete
  67. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang , ketika kita ingin menyelesaikan suatu masalah kita harus tenang jangan terbawa emosi

    if we want to make something work properly, then our minds and hearts need to be calm, when we want to solve a problem we must do not carry emotions

    NAMA ; MELISA
    KELAS ; X2

    ReplyDelete
  68. jika kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang .. tetapi jika hati dan pikiran kita kacau , pekerjaan yang kita lakukan juga berantakan


    if we want to do any work well, then our minds and hearts need to calm down .. but if the hearts and minds chaotic, the work we do, too messy

    FITRIANTI
    X.4

    ReplyDelete
  69. apabila kita ingin mengerjakan sesuatu,kita harus mengerjakan dengan hati yang ikhlas dantulus sesuai pemikiran yang kita ingin kerjakan dan insya allah akan berjalan sesuai dengan keinginan dan apabila kita tidak memiliki keinginan untuk mengerjakan jangan menyerah teruslah bekerja
    karena suatu saat ad makna yang terlihat pada kerja keras kamu mengerjakan sesuatu


    if we want to do something, we must work with a sincere heart in accordance dantulus thought we wanted to do and god willing, will be run in accordance with the wishes and if we do not have the desire to work do not give up keep on working
    because of an ad when the meaning of that seen in the hard work you are doing something

    rachmat setiawan
    X-4

    ReplyDelete
  70. jika fikiran kita tenang maka apa yg kita lakukan akan terasa ringan dan mudah, dan jika fikiran kita kacau maka yg kita lakukan akan terasa berat dann sulit.



    above story is very interesting because it can teach us about the calm way of thinking, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. that we want will not fit.

    nama: sulkiah mutmainnah
    kls: x_2
    niss: 11819

    ReplyDelete
  71. a quit mind is the key to doing things because it the mind does not calm will turn into chaos and even forget it,,,

    pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukan sesuatu yang baik karena kalau pikiran tidak tenang akan terjadi kekacauwan bahkan terlupakan...

    nama : rafita. dekater
    kls : 10-2
    niss : 12000

    ReplyDelete
  72. Menurut saya, inti dari cerita ini adalah ketenangan. Apabila seseorang dapat menenangkan pikirannya seseorang itu akan melakukannya dengan hati-hati dan tepat. Tetapi, apabila seseorang berpikir dengan ketakutan atau ragu seseorang itu akan melakukannya ceroboh. Karena itu kita perlu berpikir tenang.

    I think, core of this story is calmness. If someone can calmness mind that someone will doing with wonderfull and appropriate. But, if someone think with affraid and doubt that someone will doing careless. tht because we need a calmness mind.

    NAME:MUH.WAHIDIN.PRATAMA
    CLASS:X-8
    NIS:11984

    ReplyDelete
  73. Cerita yang menarik...

    saya dapat menyimpulkan bahwa segala sesuatu itu terjadi berasal dari pikiran kita, seperti yang dikatakannya perumpamaan "Angin terbuat dari pikiran anda, hasrat dan ketakutan jangan biarkan mengatur hidup anda".

    Jadi,, ciptakanlah pikiran yang tenang, damai dan tentram Insya Allah yang diinginkan baik pula.

    Kendalikan pikiran kita kepada hal-hal yang baik.

    pikiran menyebabkan gelombang-gelombang sebagai keinginan dan ketakutan yang bisa mengatur hidup kita.

    Jika kita dapat mengendalikan pikiran kita, maka kita juga dapat mengendalikan segala sesuatu di dalamnya.

    Pikirkan juga kehidupan akhirat kita yaaaaa...



    Interesting story ...

    I can conclude that everything that happens comes from our thoughts, as he told the parable "The wind made of your thoughts, desires and fears do not let it manage your life."

    So, create your mind calm, peaceful and tranquil Insha Allah wants well too.

    Take control of our minds to things that are good.

    mind causing waves as desire and fear that can control our lives.

    If we can control our minds, then we can control everything in it.

    Think also Hereafter we yaaaaa ...

    name : rijal ismail sinaga
    class: x-3
    niss : 11844

    ReplyDelete
  74. Cerita yang menarik...

    saya dapat menyimpulkan bahwa segala sesuatu itu terjadi berasal dari pikiran kita, seperti yang dikatakannya perumpamaan "Angin terbuat dari pikiran anda, hasrat dan ketakutan jangan biarkan mengatur hidup anda".

    Jadi,, ciptakanlah pikiran yang tenang, damai dan tentram Insya Allah yang diinginkan baik pula.

    Kendalikan pikiran kita kepada hal-hal yang baik.

    pikiran menyebabkan gelombang-gelombang sebagai keinginan dan ketakutan yang bisa mengatur hidup kita.

    Jika kita dapat mengendalikan pikiran kita, maka kita juga dapat mengendalikan segala sesuatu di dalamnya.

    Pikirkan juga kehidupan akhirat kita yaaaaa...



    Interesting story ...

    I can conclude that everything that happens comes from our thoughts, as he told the parable "The wind made of your thoughts, desires and fears do not let it manage your life."

    So, create your mind calm, peaceful and tranquil Insha Allah wants well too.

    Take control of our minds to things that are good.

    mind causing waves as desire and fear that can control our lives.

    If we can control our minds, then we can control everything in it.

    Think also Hereafter we yaaaaa ...



    NAME : ST ANNISA ADINDA SOFYAN
    CLASS : X8
    NISS : 11992
    April 14, 2010 9:16 PM
    Anonymous said...

    Menurut saya cerita ini sangat bagus. Dari cerita ini kita dapat menyimpulkan jika kita selalu berfikir tenang dan positif pasti semua yang kita kerjakan akan terlaksana dengan baik dan normal tetapi jika sebaliknya kita selalu berfikir negatif dan tidak tenang maka semua pekerjaan yang kita lakukan akan gagal dan mempunyai akhir yang tidak memuaskan.


    Dari cerita ini kita dapat belajar agar selalu berfikir dengan baik dan dapat mengendalikan diri kita sendiri.


    I think this story is very good. From this story we can conclude if we are always calm and positive thinking all we do must be done well and normal but otherwise we are always thinking negative and did not calm then all the work we do will fail and have an unsatisfactory end.


    From this story we can learn to always think well and can control ourselves.

    name : rijal ismail
    class : x-3
    niss: 11844

    ReplyDelete
  75. INTRETING STORY BECAUSE WE CAN FOUND POSSITIVE THINKING

    ReplyDelete
  76. INTERESTING STORY
    I THINK GOOD STORY BECAUSE FROM THE STORY WE CAN FOUND POSSITIVE THINKING AND WE CAN CONTROL THE EMOTION YEAH REALLY GOOD

    NAME : AKBAR FARHAN
    CLASS : X 8

    ReplyDelete
  77. DARI CERITA DI ATAS MEMBERIKAN KITA BANYAK PELJARAN KRN DENGAN BERFIKIR KITA DPT MENGUBAH DIRI KITA MENJADI ORANG YANG LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA DAN JUSTRU SEBALIKNYA JIKA KITA SELALU BERFIKIRAN BURUK MAKA KITA AKAN MERUSAK DIRI KITA SENDIRI

    STORY OF THE ABOVE WE DELIVER WITH MANY PELJARAN krn think WE OURSELVES DPT TURNING INTO A BETTER PERSON FROM PREVIOUS AND IF WE ALWAYS contrary BERFIKIRAN BAD THEN WE WILL DAMAGE OUR OWN SELF

    NAME : MUH IQRAM NUR SYARIF
    CLASS : X-8

    ReplyDelete
  78. dalam cerita d atas kita dapat simpulkan bahwa kita harus selalu berfikiran positif karena agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik


    .from the story above we can conclude that we must always be positive coz so that we can become better human


    annisa ratna dewi
    x-7

    ReplyDelete
  79. dalam cerita d atas kita dapat simpulkan bahwa kita harus selalu berfikiran positif karena agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik


    .from the story above we can conclude that we must always be positive coz that we can become better human

    ReplyDelete
  80. dalam cerita d atas kita dapat simpulkan bahwa kita harus selalu berfikiran positif karena agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik


    .from the story above we can conclude that we must always be positive coz that we can become better human


    annisa ratna dewi
    x-7

    ReplyDelete
  81. This story is very good meaning,
    This teaches us to always think positive, because sometimes people take issue with negative thoughts so that there is no solution!
    let us therefore to learn to think positive ..

    meaning
    cerita ini maknanya sangat bagus ,
    ini mengajarkan kita untuk selalu berpikiran positif , karena kadang kala orang menanggapi masalah dengan pikiran negatif sehingga tidak ada penyelesaiannya !
    maka dari itu marilah kita untuk belajar berpikiran positif ..

    Name : Ariani Sukma B.
    Class : X.5

    ReplyDelete
  82. Anonymous said..

    cerita ini sangat bagus..
    dari cerita ini kita dapat belajar tentang pikiran.Yaitu jika pikiran kita dalam situasi yang tenang maka kita dapat berfikir dengan jernih. Sebaliknya jika fikiran kita buruk, maka kita tidak dapat melakukan hal yang baik. Contohnya jika kita ingin melakukan sesuatu lantas pikiran kita lagi buruk maka kita tidak dapat melakukannya, yang ada malah berubah menjadi buruk.

    Meaning..
    this story is very good,,
    from this story we can learn about the mind. Is if our mind is calm in a situation then we can think clearly. Otherwise, if our thoughts are bad, then we can not do good thinks. For example if we want to do something bad again the our minds so we can not do that there in fact changed for the worse.

    Name :Nur fitryana estari p.
    Class :X.2

    ReplyDelete
  83. Cerita yang bagus, karena jika kita ingin melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan. Maka pikiran dan hati kita harus tenang dan jernih. Apabila pikiran kita berantakan maka pekerjaan yang kita lakukan akan juga berantakan dan sia-sia. Jadi kesimpulannya, jika kita ingin melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan, maka tidak melakukan pekerjaan dengan pikiran kacau.



    A good story, because if we want to do the work in accordance with the desire. So our minds and hearts need to be calm and clear. When our minds are a mess so the work we do will be too messy and futile. So in summary, if we want to do the work in accordance with the desire, then do not do the job with the mind in turmoil.



    Nama : Nurhayati
    Class : X.5

    ReplyDelete
  84. nama : tri mardiani
    kls : x.3

    cerita ini sangat bagus karna menceritakan tentang pikiran yang bagaikan badai laut,gelombang dan netral bagaikan air dan apabila kita dapat mengendalikan pikiran, kita bisa mengendalikan segala sesuatu di dalamnya.

    This was a great story to tell about my thoughts because that is like the sea storms, waves and neutral like water and if we can control our thoughts, we can control everything in it.

    ReplyDelete
  85. Name : Aditya Dwi Saputra
    Class : X.2
    serial number : 19


    cerita ini menurut saya sangat bagus karna kita bisa mengambil makna dari cerita ini, seperti Angin, laut, dan pikiran. Bila Anda dapat mengendalikan pikiran, Anda bisa mengendalikan segala sesuatu di dalamnya. Tapi pertama-tama Anda harus kendalikan pikiran anda, yang berarti Anda harus mengendalikan perhatian Anda. "
    jadi intinya kita harus menjaga keseimbangan pola pikiran kita,,,


    this story is very good in my opinion because we can take the meaning of this story, such as wind, sea, and the mind. If you can control your mind, you can control everything in it. But first you must control your mind, which means you must control your attention. "
    so essentially we have to balance our thinking patterns,,,

    ReplyDelete
  86. name : rama stya dana laksana
    class: X.1

    cerita ini sungguh menarik, karena makna dr kisah ini amat baik untuk kita. seperti air, angin dan fikiran kita jd kita harus bisa mengendalikan pikiran kita agar pola pikir kita tetap seimbang..




    This story really interesting, because the meaning of this story is very good dr for us. such as water, wind and mind we jd we should be able to control our minds so that we stay balanced mindset ..

    ReplyDelete
  87. Nama:M.Nur.Adha.M
    Kelas:X-1


    dalam berfikir kita harus selalu memikirkan hal hal yang positif,tidak boleh negatif.......kapan kita berfikir negatif semua akan sia sia........dan apa bila kita berfikir positif pasti hasilnya baik tapi kita harus bekerja untuk mencapai semua itu.........agar kita dapat mengendalikan dapat diri kita sendiri................itulah hal positif



    in thinking we must always think about something positive, not negative ....... when are we going to think negative all the useless ........ and what if we think positively must have a good result but we must work to achieve all of that ......... so that we can control ourselves ................ that's a positive thing

    ReplyDelete
  88. Name :Adrian Gunawan
    Class:X 1

    Cerita ini pun sangat menarik di baca, karena setiap manusia harus berfikir positif bukannya negatif.
    -bila kita berfikir positif semuanya akan berakhir dengan baik.
    -kalau kita berfikir nagatif semuanya akan berakhir dengan tidak baik.

    ::makanya jadi manusia harus berfikir positif::
    Okew.Okew.Okew.



    This story was very interesting to read, because every human being must think positive rather than negative.
    If we think positive everything will end well.
    Nagatif-if we think everything will end up with is not good.

    :: Hence so people have to think positive::
    Okew.Okew.Okew.

    ReplyDelete
  89. Anonymous said...

    Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..

    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..


    Name : Eka Ovilia Muchlis
    Class : X.3

    ReplyDelete
  90. Pikiran yang tenang adalah kunci untuk melakukian sesuatu dengan baik dan mengendalikan apa yang kita inginkan.
    Ibarat air di suatu wadah yang datar akan terlihat tenang. Kalau kita ingin melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik , maka pikiran dan hati kita harus tenang … tetapi jika hati dan pikiran kita kacau , pekerjaan yang kita lakukan juga berantakan.

    A quiet mind is the key to doing things well and to control what we want.
    Like water in a flat container that will look cool. Because we want to do any work well, then our minds and hearts need to calm down .. but if the hearts and minds chaotic, the work we do, too messy.

    Name : Muhammad Arief
    Class : X8

    ReplyDelete
  91. Nama : Andi Aqmalia Nuradnin Utami
    Kelas : X-4


    This story is very good, because it teaches us to do things quietly because it results in getting going good. on the contrary, if we do things in a hurry then we will get results that would also not perfect. to be always calm down we should always think positive:)



    cerita ini sangat bagus , karena mengajarkan kita untuk mengerjakan sesuatu dengan tenang karena pasti hasil yang di dapatkan akan bagus . sebaliknya , jika kita mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru maka hasil yang kita akan dapatkan juga pasti kurang baik . untuk dapat selalu tenang kita harus selalu berpikir positif :)

    ReplyDelete
  92. Name : Sucipto Reski Chaesar Putra
    Class : 10.2
    No.Absen : 21

    cerita ini mengajarkan kita akan ketenangan, jika ingin melakukan sesuatu dan mendapatkan hasil yang baik maka kita harus tenang dan tidak terburu-buru, dari cerita ini kita mendapat pelajaran yang sangat penting untuk menjadi orang yang sukses,


    This story teaches us will be calm, if you want to do something and get good results then we should be calm and unhurried, the story is we got a very important lesson to be successful

    ReplyDelete
  93. dalam cerita ini kita di ajarkan untuk jika ingin menyelesaikan masalah kita harus tenang tidak boleh terbawa emosi karena itu tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik



    in this story teaches us to if they want to solve our problems have to be quiet should not be carried away because it can not solve the problem very well


    NAME : A.NAZWA SALSABILAH
    CLAS : X.4

    ReplyDelete
  94. indonesia:
    Pikiran positif dapat menjadi hal yang baik termasuk sikap yang baik.apabila berfikir negatif,itu akan membuat kita menjadi gelisah.
    berpikir positif adalah awal yang baik.

    english:
    Positive thought can be make good matter included good attitude.if negative thought,those can be make nervous.positive thought is good beginning.

    NAME:MUFIDAH FAHRI
    CLASS:X.1

    ReplyDelete
  95. if we want to do something then we must first calm the mind and hearts, then we will get a good or satisfactory results. if the mind and our hearts calm chaotic or not we will get results we do not want or poor outcome.

    jika kita ingin mengerjakan sesuatu maka terlebih dahulu kita harus menenangkan fikiran dan hati kita, maka kita akan mendapatkan hasil yang baik dan jika fikiran dan hati kita kacau atau tidak tenang maka kita akan mendapatkan hasil yang tidak kita inginkan atau hasil yang buruk.

    nama : Kurnia Arini Putri
    Kelas : X.6

    ReplyDelete
  96. This story explains about an interaction between a teacher call Swamiananda and his disciple called Rangga. Swamiananda tell to Rangga about people mind. People mind like a waves at the ocean but people mind can control by the people himself. Sometimes wind can make a great waves at the ocean and people mind also can hit by fear, willing and the other and make a waves at our mind. So we have to control our mind first by control our attention and then our mind will becoming calm.

    Cerita ini menjelaskan tentang percakapan antara seorang guru, Swamiananda dan muridnya,Rangga. Swamiananda mangajarkan Rangga tentang pikiran manusia. Pikiran manusia kadang seperti ombak di samudera tapi pikiran manusia juga dapat dikendalikan oleh orang itu sendiri. Kadang-kadang angin dapat menyebabkan ombak yang besar dan pikiran manusia juga dapat di hantam oleh ketakutan, keinginan, dan yang lainnya yang dapat menyebabkan ombak di dalam pikiran. Jadi pertama-tama kia harus mengendalikan pikiran kita dengan cara mengendalikan perhatian kita dan kemudian pikiran akan menjadi tenang.

    NAME : CHAIRUNNISA SULAIMAN
    CLASS : X-3

    ReplyDelete
  97. ceritanya sangat menarik karena menceritakan mengenai bagaimana cara mengendalikan pikiran. Jika kita telah dapat mengendalikan pikiran kita sendiri, maka kita akan dapat mengatur segala sesuatunya, seperti ombak laut yang dikendalikan oleh angin dapat dihentikan.

    the story is really interesting because it tells about how to control your mind. If you could control your own mind you, you'll can control everything, like a wave ocean that was controlled by wind was can be stopped.


    Name: Siti Diva Syarifah (14)
    Class: X-4

    ReplyDelete
  98. Very interesting story. The things we can learn from the story above is always calm and think clearly before taking any action. Control our thoughts before doing anything. Think about things carefully, and from it we can pick things that satisfy. Because whatever we think will be the same as an existing fact. So always think that clearly, so that everything that happens in our lives can go as planned.

    Cerita yang sangat menarik. Hal yang dapat kita petik dari cerita diatas adalah selalu tenang dan berpikirlah dengan jernih sebelum melakukan suatu tindakan. Kendalikan pikiran kita sebelum berbuat sesuatu. Pikirkanlah sesuatu hal dengan matang, dan dari itu kita bisa petik hal yang memuaskan. Karena apapun yang kita pikirkan akan sama dengan kenyataan yang ada. Jadi selalu berpikir yang jernih, agar semua yang terjadi dalam hidup kita bisa berjalan sesuai rencana.

    NAME : RIZKI PRATIWI
    CLASS : X-4

    ReplyDelete
  99. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai maka dari itu jika ingin melakukan sesuatu kita berfikir dengan jernih...


    Good story. From the above story I can understand that if we want
    do whatever we want to be with a calm mind, because
    with a calm mind, we can control ourselves, thereby
    all we want to happen. If not then all we want to
    therefore not suitable if you want to do something we were taught by
    clear ...

    name : RIFKA YOSSI KINANTI P.B
    class : X.4

    ReplyDelete
  100. cerita ini bagus, karena cerita du atas mengajari bahwa jika melakukan sesuatu harus dengan pikiran tenang,maka dapat merauh sebuah impian yang ingin kita capai,agar masa depa

    This story is good, because the story du taught that if something should be done with a calm mind, then it can be merauh a dream we want to accomplish, so that a better futuren lebih baik

    nama : uswan
    kelas : x.5
    august 17 ,2010

    ReplyDelete
  101. IF WE WANT TO DO SOMETHING, WE MUST CALM MIND TO WHAT WE CAN DO WHAT WE LIKE WALKING FEEL.WE DO SOMETHING THAT WOULD NOT TOO HASTY IF WE WANT SOMETHING THAT WE WANT TO GET WITH A
    CLEAR MIND.

    BILA KITA INGIN MELAKUKAN SESUATU,PIKIRAN KITA HARUS TENANG AGAR APA YANG KITA LAKUKAN DAPAT BERJALAN SEPERTI APA YANG KITA RASAKAN.KITA PUN KALAU MELAKUKAN SESUATU TIDAK BOLEH TERLALU TERGESA-GESA KALAU KITA MAU MENDAPATKAN SESUATU YANG KITA INGINKAN DENGAN PIKIRAN YANG JERNIH .

    NAMA ; MOFRIZANIA .W
    KELAS ; X4
    NO URUT ; 6

    ReplyDelete
  102. cerita yang menarik,
    pikiran yang tenang adalah kunci dari semua yang kita kerjakan.....
    apabila pikiran kita tenang pasti apapun yang kita lakukan hasilnya akan baik,
    tetapi apa bila sebaliknya pikiran kita tidak tenang, sesuatu yang kita kerjakan pasti hasilnya akan kacau balau.....

    interesting story,
    a quiet mind is the key to everything we do .....
    when our minds are quiet sure whatever we do will be good results,
    but what if the opposite of our minds at ease, something that we do definitely the result will be a mess .....

    Name: Muhti fahmi
    Class: X3

    ReplyDelete
  103. This story is very good, if we want to do something we have to calm the mind so that what we can achieve run lancar.ketika we do something not in a hurry because if we hurry we must not forget what we want to do.

    cerita ini sangat bagus, bila kita ingin melakukan sesuatu pikiran kita harus tenang agar apa yang kita wujudkan dapat berjalan lancar.ketika kita melakukan sesuatu janganlah terburu-buru karena kalau kita terburu-buru pastinya kita lupa apa yang kita mau kerjakan.

    Nama ;Nofrizania.W
    Kelas ;X-4
    No urut;6

    ReplyDelete
  104. kita dapat memetik pelajaran tentang bagaimana cara kita menyelesaikan masalah atau pekerjaan . dengan hati tenang dan santai , salah satu cara agar dapat menyelesaikannya dengan baik dan seperti apa yang telah kita inginkan .

    we can pick a lesson about how we solve problems or work. with the heart calm and relaxed, one way to solve them well and like what we want.

    name : sitti hardiyati
    class : x-6
    no.urut : 23

    ReplyDelete
  105. saya pikir cerita ini dapat menjadi pelajaran buat kita seprti bagaimana mengatasi masalah dan perkerjaan menjadi mudah dengan berpikir secara tenang dan sabar. dan juga jika kita ingin menghasilkan pekerjaan itu dengan hasil yang baik kita tidak boleh melakukannya dengan tergesa-gesa tapi harus selalu tenang.

    I think this story can it become lesson for us like
    how to solve our problemand our work will be easier by thinking patiently.And if we want to make that work well, we would not to be in a hurry but we have to keep being patient.


    NAMA : ASTRID WIDIA HANDANI
    KELAS: X-4

    ReplyDelete
  106. Menurut saya cerita ini sangat bagus karena setelah membacanya saya dapat mengetahui bahwa dalam berbuat sesuatu,kita harus berpikir dengan tenang. Kita tidak boleh tergesa-gesa. pikiran kita harus benar-benar jernih.


    I think this story is very good because after reading it I can acknowledge that in doing something, we should think calmly. We should not hurry. our thoughts must be completely clear.

    NAMA : ANDI NAZWA SALSABILAH
    KELAS : X-4

    ReplyDelete
  107. Cerita ini sangat bagus.Karena saya dapat pelajaran,bahwa jika kita ingin mendapatkan hasil yang baik dari apa yang kita kerjakan,kita harus berpikir dengan tenang dan matang.


    This story is very bagus.Karena I can lesson, that if you want to get good results from what we do, we must think in a calm and mature.

    NAMA : PUTRI BATARI.W.
    KELAS : X-4

    ReplyDelete
  108. saya sangat menyukai cerita ini. cerita ini menjelaskan bahwa kita harus mengerjakan sesuatu dengan pikiran yang tenang. kapan kita mengerjakan sesuatu dengan pikiran yang amburadul pasti kita tidak akan bisa menyelesaikannya.

    I really liked this story. This story explains that we must be doing something with your mind calm. when we are going to do something with the unorganized mind we would not be able to finish it.

    Name: Rary Ardiyanti Rauf
    Class: X.1

    ReplyDelete
  109. komentar :

    cerita ini memberikan suatu nasihat kepada saya agar senantiasa berpikir positif dalam segala hal. agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar.karena apa yang kita pikirkan dan bayangkan akan dapat terwujud oleh sebab itu pikirkanlah semua yang baik.

    comment:

    This story gives some advice to me to always think positive in everything. so that everything can be run with lancar.karena what we think and imagine will be accomplished and therefore think about all that good.

    name : elsha niralitas
    class : x_3

    nb : ini tugas untuk tanggal 16 Agustus 2010. maaf karena baru di upload.thanks b4

    ReplyDelete
  110. Anonymous said...
    ketika kita melakukan sesuatu janganlah terburuh - buruh karena kalau kita terburuh - buruh pastinya kita lupa apa yang kita mau kerjakan. maka dari itulah kita melakukan sesuatu harus tenang supanya tidak ada yang di lupakan...
    cerita di atas juga bagus karena buat kita bisa mengerti apa yang kita lakukan secara tidak tenang maka akan mengakibatkan semua kegiatan akan sia -sia

    when we do something not terburuh - because if we terburuh workers - workers must we forget what we want to do. then from that we do things should calm supanya no one in the forgotten ...
    above story is also good because why we can understand what we are doing is not cool so will result in all activities will be futile

    nama: alif hardiansal putra
    kelas: X-3

    ReplyDelete
  111. saya dapat mengambil kesimpulan dari cerita di atas bahwa kita harus berpikiran tenang,santai,tetapi harus konsentrasi. hal ini tercermin pada pelajaran bela diri kung fu yang beraliran taichi.


    I can infer from the above story that we should think calmly, casually, but must concentrate. this is reflected on the lessons of the martial tai chi kung fu homage.


    nama :hafidzal furqan nasrowi
    kelas:X-2

    ReplyDelete
  112. ceritanya sangat menarik karena menceritakan mengenai bagaimana cara mengendalikan pikiran.jika kita ingin mendapatkan hasil yang baik dari apa yang kita kerjakan,kita harus berpikir dengan tenang dan matang.Dan karena apa yang kita pikirkan dan bayangkan akan dapat terwujud oleh sebab itu pikirkanlah semua yang baik.

    the story is very interesting because they tell us about how to control the pikiran.jika we want to get good results from what we do, we must think calmly and matang.Dan because of what we think and imagine will be accomplished and therefore think about all the good .

    Nama: haidar hafiz
    KLS : X-6

    ReplyDelete
  113. ceritanya sangat menarik.
    karena cerita tersebut menceritakan bagaimana cara untuk mengendalikan pikiran.
    dari cerita tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kalau kita ingin mendapatkan hasil yang baik,kita harus berfikir dengan tenang..



    very interesting story.
    because the story is told of how a way to control the mind.
    of these stories we can infer that if we want to get good results, we have to think calmly.


    name:karina radhita irsyal
    class:X.6

    ReplyDelete
  114. di dalam cerita tersebut, menceritakan tentang bila kita ingin mengendalikan pikiran kita. hendaklah terlebih dahulu mengendalikan perhatian kita. perlu kita ketahui bahwa mengendalikan pikiran itu adalah dasar dari mengendalikan semuanya. bila ada suatu pekerjaan yang ingin kita kerjakan, hendaklah berpikir dahulu dengan tenang dan baik agar menghasilkan hasil yang baik pula. biasanya pekerjaan yang di kerjakan secara tergesa-gesa maka hasilnya akan buruk

    in the story, tells the story of when we want to control our minds. must first control our attention. we need to know that the mind control that is the basis for everything under control. if there is a job that we want to do, he must first think calmly and well in order to produce good results as well. usually work that was done in a hurry then the result will be bad


    nama :DIAN EVACANTIKA(ECHA)
    kelas : X 2

    ReplyDelete
  115. cerita di atas memberi saya inspirasi untuk selalu berpikiran tenang dalam setiap melakukan sesuatu yang ingin dilakukan
    dari cerita tersebut saya menyarankan untuk selalu menenangkan pikiran sebelum melakukan sesuatu


    story above gives me inspiration to keep calm in any fraud-minded who want to do something
    from the story I recommend to always calm the mind before doing something


    Name : Yenny Budiharto
    Class : X4

    ReplyDelete
  116. saya suka cerita ini karena bila kita mau mengonrol diri atau mulakukan pekerjan dengan baik dan tenang, kita harus berpikiran positif dan menjauhkan dari pikiran negatif,kita dapat menyimpukan pikiran itu adalah kunci kehidupan.


    I like this story because if we want ourselves or mulakukan pekerjan mengonrol well and calm, we must think positive and distancing from negative thoughts, we can menyimpukan mind is the key to life.


    Nama : Rizka Nur Utami
    kelas : X6

    ReplyDelete
  117. Cerita ini mengingatkan kita tentang hidup yang di ibaratkan sebuah angin, laut di ombak.
    Angin seperti sesuatu yang mengatur hidup kita tetapi kita juga harus mengontrolnya dengan sebaik mungkin, sedangkan pikiran di ibaratkan sebuah ombak di laut yang kadang bergelombang seperti pikiran manusia.

    This story reminds us about life in the URLs of a wind and sea waves.
    The wind was like something that regulate our lives but we also have to control it as good as possible, while thoughts in the URLs of a wave in the ocean that sometimes bumpy like the human mind.


    Name : Masita Hanum Rawinka
    Class: X.1

    ReplyDelete
  118. memikirkan sesuatu harus dengan ketenangan yang bisa di rasakan oleh diri kita sendiri,, seperti cerita ini mengibaratkan angin dan ombak. mungkin angin yang bertiup entah kemana perginya dan ombak yang terus bergerak mengitari laut. maka seperti itu juga fikiran manusia yang terus berjalan.

    think something should be with the tranquility that can be felt by ourselves, as this story likened the wind and waves. maybe somewhere where the wind is blowing and the waves are gone continue to move around the sea. then such a human mind is also ongoing.


    NURHANI REZKY
    X.6

    ReplyDelete
  119. berfikirlah secara tenang sebab fikiran yang tenang akan membawakan hasil yang sangat memuaskan,, dari cerita tersebut menyimpulkan bahwa fikiran manusia mungkin bisa di ibaratkan seperti hal yang ada dalam cerita ini.



    Think calmly for a calm mind will bring excellent results,, the story concluded that the human mind might be in URLs such as things that exist in this story




    ASTARI SAMAD
    X.2

    ReplyDelete
  120. Ceritanya sangat bagus. Dari cerita ini saya bisa menarik kesimpulan bahwa dalam melakukan sesuatu kita harus bersikap dan berpikir dengan tenang karena sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru dan tanpa perhitungan maka hal tersebut akan menjadi kacau dan berantakan. Begitu pula sebaliknya.
    Oleh karena itu, hendaknya kita berpikir dan memperhitungkan sesuatu terlebih dahulu sebelum melakukannya.


    The story is very good. From this story I could draw the conclusion that in doing something we should behave and think in peace because of something that is done in haste and without any calculation, so it will be chaotic and messy. Vice versa.
    Therefore, we should think and consider things before you do it.


    Name : SARTIKA NURUL ANNISA
    class: X.6

    ReplyDelete
  121. Bila kita ingin melakukan sesuatu,pikiran kita harus tenang agar apa yang kita lakukan dapat berjalan seperti apa yang kita inginkan. Seperti halnya bila kita melakukan sesuatu pekerjaan ataupun kegiatan,apabila pikiran kita tidak tenang maka segala sesuatu yang kita lakukan akan berantakan atau tidak seperti yang kita inginkan tetapi apabila kita melakukan semuanya itu dengan pikiran yang tenang maka kita dapat mengontrol emosi dan diri kita sehingga apa yang kita lakukan itu akan menjadi sempurna dan seperti yang kita inginkan.



    If we want to do something, we must calm the mind so that what we do can be run as what we want. Just like when we do any work or activity, if not quiet our minds so everything we do will be wrong or not as we want, but if we do it all with a calm mind, we can control our emotions and ourselves that what do we do it will be perfect and that we would want.

    GITA ardya garini
    X.5

    ReplyDelete
  122. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..

    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..


    ASNIAR A
    X.2

    ReplyDelete
  123. cerita ini sangat memberi manfaat
    Jika kita ingin mnegontrol pikiran, kita harus berpikir positif dan menjauhkan diri dari pikiran negatif
    konsentrasi dan ketenangan juga sangat penting


    This story is very beneficial
    If we want mnegontrol mind, we have to think positive and stay away from negative thoughts
    concentration and quietness is also very important


    Name : Adviany Chairi H.A
    Class : X.1

    ReplyDelete
  124. kita dapat memetik pelajaran tentang bagaimana cara kita menyelesaikan masalah atau pekerjaan . dengan hati tenang dan santai , salah satu cara agar dapat menyelesaikannya dengan baik dan seperti apa yang telah kita inginkan .

    we can pick a lesson about how we solve problems or work. with the heart calm and relaxed, one way to solve them well and like what we want.

    nama : tri mardiani
    kls : x.3

    ReplyDelete
  125. dari cerita di atas saya dapat simpulkan bahwa hidup di ibaratkan dengan sebuah angin laut sedangkan fikiran di ibaratkan dengan sebuah ombak laut

    from the story above I can conclude that the life of the URLs with a sea breeze while the URLs of mind with a water wave
    Listen
    Read phonetically

    nama siti nur azisyah satria
    kelas x6

    ReplyDelete
  126. jika pikiran kita tenang dan santai,kita tidak akan susah dalam menjalankan hidup ini,jadi itu adalah salah satu cara terbaik dalam berfikir.

    if our mind is calm and relaxed, we're not going to run hard in this life, so it is one of the best ways of thinking.

    MAZAYA INTAN AUDREY
    X-5

    ReplyDelete
  127. cerita diatas mengajarkan kita bagaimana cara melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik, yaitu dengan cara hati dan pikiran harus tenang. tapi jika hati dan pikiran sedang kacau maka pekerjaan yang kita kerjakan akan berantakan.

    The above story teaches us how to do any work well, that is by the hearts and minds to be calm. but if the hearts and minds were in turmoil, the work we do will fall apart.

    NAME : WAODE TRI FAHMI M.
    CLASS : X-4

    ReplyDelete
  128. Cerita ini sangat menarik. Pesan yang bisa saya ambil adalah bagaimana kita mengendalikan pikiran kita dengan tenang. Jika pikiran kita tenang pasti segala sesuatu yang terjadi akan sangat baik dan jika kita berkonsentrasi dengan tenang, kita bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Sebaliknya, jika pikiran kita tidak tenang, kita akan kehilangan konsentrasi untuk melakukan pekerjaan, sehingga hasilnya tidak akan memuaskan.


    The story is very interesting. I can take a massage from this story that is how to control our mind with quietly. If our mind is quiet , everything that happens will be very good and if we concentrate in peace, we can do a good job. Conversely, if our minds are not calm, we will lose the concentration to do the job, so the result will not be satisfactory.


    Name : Khalida Afra Fadhilah
    Class : x.1

    ReplyDelete
  129. cerita ini memberikan suatu pelajaran pada saya bahwa, apabila kita mengerjakan suatu hal mesti dengan pikiran yang tenang agar pekerjaan yang kita lakukan itu dapat terselesaikan dengan baik dan hasil yang kita peroleh juga pasti akan baik ..



    This story provides a lesson to me that, if we must do something with a calm mind for the work we are doing it can be resolved properly and the results we obtained would also be good ..



    FATMASARI MANOPO
    X.5

    ReplyDelete
  130. Cerita yang bagus. Dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai..


    A nice story. From the story above I can understand that if we want to do whatever we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so all we want to happen. If not then all that we want will not fit..

    ReplyDelete
  131. kita harus berusaha agar dapat mengendalikan pikiran kita , karena semua yang kita lakukan berasal dari pikiran dan apabila kita ingin melakukan suatu hal yang sulit kita dapat melakukannya dimulai dari pikiran bahwa saya bisa melakukannya.


    we must strive to control our minds, because all we do comes from the mind and if we want to do a difficult thing we can do it starting from the thought that I could do it.



    NAMA : ISMAH FAKHRIAH SYAFRI
    KELAS : X_6

    ReplyDelete
  132. dari cerita ini saya mendaapatkan pelajaran bahwa , apabila kita mengerjakan suatu pekerjaan dengan pikiran yang tenang kita akan memperoleh hasil yang baik




    of this story I get the lesson that, if we do a job with a quiet mind we will get good results


    ANDI NUR PUTRI . S
    X.5

    ReplyDelete
  133. Bila kita ingin melakukan sesuatu,pikiran kita harus tenang agar apa yang kita lakukan dapat berjalan seperti apa yang kita inginkan.dalam melaksanakan kegiatan yang sangat mendadak kita tidak boleh tergesa gesa tanpa seenaknya sendiri,,,


    If we want to do something, our mind must be calm for what we do can be run like what we inginkan.dalam conducting a very sudden we should not hastily rush without their own wishes,,,
    Simak
    Baca secara fonetik

    NAMA:WIRDANIATY SATYA NINGSIH
    KELAS X6

    ReplyDelete
  134. Cerita ini sangat bagus karena dari cerita diatas saya dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud.

    This story is very good because of the stories above I can understand that if we want to do anything we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so everything we want to materialize.



    name : putri amaliah
    class : X 3

    ReplyDelete
  135. Jika kita ingin melakukan apapun yang kita inginkan harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita inginkan terwujud. Jika tidak maka semua yang kita inginkan akan tidak sesuai.

    If we want to do anything we want to be with a calm mind, because with a calm mind, we can control ourselves, so everything we want to materialize. If not then all that we want will not fit.

    NAME : ALFISA DEVI ANGGRAENI
    CLASS: X.8

    ReplyDelete
  136. The Mind And The Stormy Ocean

    I really like this story, becouse that telling me about how plane to control your mind. If we want to do something hard, must with a calm mind. becouse, with a calm mind. We can know something hard become easy..

    Saya sangat suka cerita ini, karena itu memberitahuku tentang bagaimana cara mengontrol pikiranmu. Jika kita ingin melakukan sesuatu yang susah, harus dengan pikiran yang tenang. Karena, dengan pikiran yang tenang. kita bisa mengetahui sesuatu yang sulit menjadi mudah. .

    Nama : Ratlia Nurul M
    Kelas : X 2

    ReplyDelete
  137. Ingriss
    This is a very good story I liked it. From this story we can understand that if we want to do anything with your mind must be calm, because with a calm mind, we can control ourselves, so everything we do can be achieved. If not then all we do will be messy

    Indo
    Ini cerita yang sangat bagus saya menyukainya. Dari cerita ini kita dapat memahami bahwa jika kita ingin melakukan apapun harus dengan pikiran yang tenang, karena dengan pikiran yang tenang, kita dapat mengontrol diri kita, dengan demikian semua yang kita kerjakan dapat tercapai. Jika tidak maka semua yang kita kerjakan akan menjadi berantakan


    Name : Nina malahayati
    Class : X.7

    ReplyDelete
  138. resume : when your condition is afraid or so tense.. but you must be have a out away your trouble,
    dont worry !! keep relax and think what do you want to do !!
    but dont be hie,, for to do something.

    intinya--> saat keadaanmu sangat menengangkan, tapi kamu membutuhkan jalan keluar,
    jangan pernah khawatir ! tetap tenang dan pikirkan apa yang akan kamu lakukan dgn tdk terburu-buru..

    NAME : DHIYAAN ANISAH
    CLASS : X6
    NIS : 12208

    ReplyDelete
  139. if we want do something,, we must relax to do that.. so,, we will get the best...

    jika kita ingin mengerjakan sesuatu,, kita haros relax untuk mengerjakannya.. jadi,, kita akan mendapatkan yang terbaik....

    NAME : SHINTA SUTJI RAHAYU ARYATI
    CLASS : X.2

    ReplyDelete